Untung Manis Dengan Berbisnis PAUD

Para orang tua kini semakin concern dengan pendidikan untuk anak-anaknya, mereka tidak ragu lagi untuk mengirim anaknya ke sekolah PAUD. Bagi orang tua, memastikan anaknya memiliki pengatahuan dasar sangat penting sebelum anak mereka masuk ke jenjang pendidikan lanjutan. Karena alasan inilah berbisnis PAUD dirasa sangat menguntungkan. Bagi seorang yang jeli dengan peluang bisnis, kesempatan ini tentu menjadi inspirasi dan dikembangkan lebih jauh dengan mendirikan sebuah sekolah PAUD.

­kalau anda ingin mendirikan sekolah PAUD prosesnya tidak begitu rumit kok. Perizinannya tak serumit ketika kita ingin mendirikan perusahaan. Dengan memiliki sekolah PAUD kita akan mendapat penghasilan tetap dan membantu memajukan pendidikan. Beeikut adalah perizinan yang harus dilakukan jika anda ingin Berbisnis PAUD. Silakan disimak.

  • Pertama-tama anda harus mengajukan izin ke Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan setempat. Setelah itu baru anda akan memperoleh rekomendasi dari Dinas Pendidikan setempat.
  • Berikutnya anda harus mengisi formulir dan Melengkapi Pengajuan Ijin Pendirian Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain. Anda bisa meminta formulir ini ke Dikmas/TLD Dikmas di Kecamatan.
  • Sebelum berlanjut ke langkah berikutnya, anda harus memastikan dulu bahwa anda memperoleh persetujuan dari Desa/Kelurahan Setempat.
  • Anda juga harus memperoleh persetujuan dari Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan via Dikmas/TLD di kecamatan yang bersangkutan.
  • Selanjutnya, anda mengantarkan formulir yang sudah diisi ke Kantor Dinas Pendidikan di Kota Anda via Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah Kabupaten/Kota. Setelah itu anda akan memperoleh tanda terima untuk formulir pendaftaran. Di sini anda harus mengetahui bahwa ijin dikeluarkan oleh Dinas Perijinan Kabupaten/Kota.
  • Berikut adalah dkumen yang harus anda kumpulkan untuk diserahkan agar pengajuan pendirian PAUD anda bisa diproses lebih lanjut :
  1. Salinan akte PKBM/Yayasan oleh Notaris
  2. Identitas Lembaga Pendidikan & PKBM
  3. Data tenaga pendidik berikut kualifikasinya yang diberi lampiran salinan ijazah dan sertifikasi setiap tenaga kependidikan.
  4. Rencana awal dari Jadwal Pembelajaran
  5. Denah dan Desain Gedung PAUD
  6. Salinan dokumen status kepemilikan tanah & bangunan
  7. Data fasilitas/sarana & prasarana berikut kondisinya
  8. Dokumen/Surat yang direkomendasikan dari Kelurahan/Pemerintah Desa setempat
  9. Dokumen/Surat yang direkomendasikan dari kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan setempat
  10. Salinan KTP pengelola

Berbisnis PAUD propeknya sangat bagus lho, selain anda mempunyai bisnis sendiri, anda juga turut memajukan pendidikan. Yang penting pastikan semua persyaratan yang diperlukan untuk perizinannya anda penuhi hingga semua selesai dan bisnis PAUD anda bisa dijalankan dengan aman.

Demikian ulasan kita hari ini yang membahas langkah-angkah Berbisnis PAUD. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan menjadikan bangsa ini lebih maju dalam bidang pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − five =