Syarat-Syarat Dalam Proses Jual Beli Rumah. Selengkapnya Baca Di sini

Rumah termasuk kebutuhan penting setiap manusia yang harus dimiliki. Macam-macam cara orang untuk memiliki rumah, ada yang menabung semenjak muda dan bekerja keras, ada pula yang mengkreditnya melalui kerjasama dengan Bank. Jika anda bermaksud untuk membeli rumah baik rumah baru ataupun rumah bekas, ada beberapa syarat dalam Proses Jual Berli Rumah. Dengan memahami syarat-syarat ini, proses pindah tangan rumah akan berjalan lebih lancar.

Lantas seperti apa syarat-syarat dalam sebuah jual beli rumah itu? Berikut saya sampaikan ulasan lengkapnnya untuk anda.

Langkah 1. Sebelum Melakukan Jual Beli Rumah

Jauh sebelum memasuki tahap jual beli rumah, yang harus anda lakukan adalah pergi ke kantor PPAT (Pajak Pembuat Akta Tanah). Perhatikan, kantor PPAT yang ditunjuk haruslah yang berlokasi di daerah di mana jual beli rumah itu dilakukan. Dalam hal ini, kantor PPAT hanya berwenang untuk mengurus administrasi jual belinya saja.

Langkah 2. Sertifikat Rumah Diserahkan Ke Kantor PPAT

Syarat berikutnya dalam Proses Jual Beli Rumah yang legal adalah menyerahkan sertifikat rumah ke kantor PPAT. Berikutnya, kantor PPAT akan mengurus jual beli rumah dengan mengirim sertifikat rumah yang akan diperjualbelikan ke BPN. Tujuannya untuk mengklarifikasi bahwa rumah yang diperjualbelikan itu tidak sedang terlibat kasus sengketa hukum, pemblokiran, hingga proses penyitaan.

Langkah  3. Menyerahkan Berkas Tambahan Lainnya ke Kantor PPAT

Tidak hanya sertifikat rumah saja yang diserahkan, masih ada berkas tambahan lainnya yang harus dilengkapi dan diserahkan sebagai syarat jual beli rumah. Oleh karena itu harap dipersiapkan dokumen-dokumen berikut :

  • Siapkan berkas SPPT PPB tahun yang sedang berjalan dengan bukti pembayarannya
  • Fotocopy KTP dan KK suami istri (Jika sudah berkeluarga)
  • Fotocopy Surat nikah (Jika sudah berkeluarga)
  • Fotocopy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotocopy Surat Kematian (Jika pemilik sah rumah sudah meninggal)
  • Fotocopy surat keterangan dari ahli waris berlegalisir
  • Surat-surat lainnya seperti dokumen IMB, denah dan lain-lain

Langkah 4. Menandatangani AKta Jual Beli (AJB)

Syarat dalam Proses Jual Beli Rumah dinyatakan sah dan terpenuhi setelah semuanya dicek dan dinyatakan siap, kemudian biaya pembuatan AJB sudah dibayar di awal. Bila tahap ini sudah beres, selanjutnya baik pembeli maupun penjual bisa secepatnya menandatangani AJB dengan didampingi dua saksi. Selesai AJB ditandatanagni, maka pembeli bisa sesegera mungkin melakukan balik nama di kantor PPAT. Balik nama pada sertifikat dilakukan melalui pencoretan pemilik nama dan diganti dengan nama pemilik barunya. Data yang dijadikan acuan adalah semua data peralihan yang masuk ke kantor PPAT.

Saya yakin semua Proses Jual Beli Rumah ini bisa anda pahami. Tak terlalu rumit bukan? Oke, semoga bermanfaat, jangan lupa beri komen yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + four =