Syarat Bagi Para Pengimpor Ketika Ingin Mengimpor Barang Lain

Syarat Bagi Para Pengimpor Ketika Ingin Mengimpor Barang Lain

 Dalam kegiatan impor dibutuhkan suatu izin khusus yang disebut API atau yang disebut Angka Pengenal Importir yang menjadi tanda pengenal importer. Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Perdaganga Pasal 4 ayat (1) No. 27 Tahun 2012,Angka Pengenal Importir Umum atau UPI-U hanya diberikan hanya kepada perusahaan yang melakukan impor barang tertentu untuk tujuan diperdagangkan. Masih dalam Pasal 4 ayat (2) Permendag No. 27 Tahun 2012menyatakan bahwa API-U yang telah diberikan hanya untuk digunakan bagi impor kelompok atau jenis barang yang tercakup dalam satu bagian di dalam sebuah Sistem Klasifikasi Barang.

Untuk tujuan perdagangan, impor barang yang dilakukan oleh pemegang API-U tidak terbatas hanya pada1 jenis barang saja yang telah disetujui dalam API-U. Pengimpor masih diberikan izin untuk mengimpor jenis barang lebih dari satu jenis, namun harus memenuhi persyaratan yang disebutkan dalam Pasal 22 ayat (1) huruf k dan Pasal 22 ayat (3) huruf i Permendag 27/2012sebagai berikut:

  1. Surat pernyataan diatas materai dari pemilik API-U yang menyatakan memiliki hubungan istimewa denganperusahaan yang berada di luar negeri
  2. Buktihubungan istimewa yang ditandatangani oleh pejabatdiplomatik atau konsuler atau perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dimana perusahan yang memiliki hubungan istimewa tersebut berada.

Namun tidak semua perusahaan dapat mengimpor lebih dari satu jenis barang. Berdasarkan peraturan yang ditetapkan dalam Pasal 4 ayat (3) Permendag No. 27 Tahun 2012, perusahaan atau badan usaha yang memiliki API-U yang dapat mengimpor lebih dari satu jenis barang diantaranya adalah:

  1. Badan usaha pemilik API-U mengimpor barang yang berasal dari perusahaan yang berada di luar negeri yang memiliki hubungan istimewa dengan badan usahapemilik API-U, atau
  2. Badan Usaha pemilik API-U yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara.

Adapun yang dimaksud dengan hubungan istimewa ialah beberapa bentuk perjanjian yang dilakukan oleh Pemilik API-U dengan Perusahaan luar negeri sebagai berikut ini:

a.    Persetujuan kontraktual untuk berbagi pengendalian terhadap suatu aktivitas ekonomi;

b.    Kepemilikan saham

c.    Anggaran dasar

d.    Perjanjian keagenan atau distributor

e.    Perjanjian pinjaman, atau

f.     Perjanjian penyediaan barang

 

Demikianlah mengenai syarat bagi pengimpor untuk mengimpor barang lain. Semoga informasi bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

1 comment. Leave new

Mas mas. Thanks pluginnya, snyaag banget ya, Simple Facebook Connect dari Otto gak bisa nampilin foto facebook di themes Mystique. Atau mas tau caranya? Bantu bantu ya mas.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =