Siapakah yang Berhak Mengasuh Bayi yang Ibunya Meninggal Dunia?

Siapakah yang Berhak Mengasuh Bayi yang Ibunya Meninggal Dunia?

Apabila terjadi sebuah kasus dimana seorang ibu meninggal dunia dan meninggalkan seorang bayi. Lalu bayi tersebut menjadi tanggung jawab siapa? Apakah pihak keluarga bunya berhak mnegurus bayi ini?

Menurut hukum, setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan jaminan dan perlindungan untuk hidup, tumbuh, berkembang serta perlindungan hukum atas kekerasan dan diskriminasi. Dalam kasus untuk seorang bayi/anak ditinggal mati oleh ibunya maka akan ada suatu hak bagi orang lain selain ibunya untuk melindungi dan mengurusnya yang disebut “Hak Asuh”. Hak Asuh ialah kekuasaan orang tua untuk mengasuh, mendidik, membina, melindungi, dan menumbuhkembangkan anak sesuai dengan norma agama yang dianutnya serta kemauan bakat dan minatnya

Sementara yang dimaksud dengan orang tua menurut adalah ayah/ibu kandung, atau ayah/ibu tiri, atau ayah/ibu angkat (Pasal 1 ayat 4 UU Perlindungan Anak). Jadi selama orang tua si anak masih hidup, yang berhak memiliki hak asuh adalah orang tua dari anak itu sendiri. Jika ibunya meninggal, yang berhak mengasuh adalah ayahnya. Namun jika kedua orang tuanya telah meninggal yang berhak mengasunya adalah orang-orang yang secara hukum sah dan berhak mendapatkan hak asuh terhadap anak yang ditinggalkan oleh kedua orang tuanya (pasal 7 ayat 2 undang-undang perlindungan anak).

Untuk lebih jelasnya mengenai siapa saja yang berhak mendapatkan hak asuh atas anak/bayi yang orang tuanya sudah meninggal disebutkan dalam Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, berdasarkan Pasal 156 KHI berikut ini:

  1. wanita-wanita dalam garis lurus ke atas dari ibu (kaka perempuan dari ibu/bibi si anak)
  2. wanita-wanita dalam garis lurus ke atas dari ayah (kakak wanita dari ayah/bibi si anak)
  3. saudara perempuan dari anak yang bersangkutan
  4. wanita-wanita kerabat sedarah menurut garis samping dari ibu (sepupu ibu si anak)
  5. wanita-wanita kerabat sedarah menurut garis samping dari ayah (sepupu ayah si anak

Demikianlah mengenai hak asuh dan orang-orang yang berhak mengasuh anak/bayi yang ibunya meninggal, atau bahkan ayahnya juga meninggal atau dengan alasan lain tidak bisa mengurus anak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 3 =