Seperti Apakah Cara Daftar NPWP Online? Simak Info Lengkapnya di Sini

Sebagai warga negara yang taat hukum dan berkontribusi pada kemajuan bangsa, memiliki sebuah NPWP adalah sebuah kebutuhan. Lalu bagaimana dengan anda? Sudahkah anda memiliki NPWP? Apakah anda sudah tahu Cara Daftar NPWP Online? Baiklah kami akan mencoba menjelaskannya di sini secara panjang lebar. Kita mulai dari pengertian NPWP dulu yah. NPWP adalah kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang menjadi identitas setiap wajib pajak untuk membayar pajak sesuai hak dan kewajibannya. NPWP mutlak untuk dimiliki oleh semua warga negara Indonesia baik yang berasal dari Organisasi Masa, Yayasan, Persekutuan, CV, PT, BUMN, Koperasi, Perusahaan dan tentunya pribadi/perseorangan.

Penggunaan NPWP tidak semata untuk hal-hal yang terkait dengan perpajakan tapi diperlukan sebagai prasyarat unutk mengajukan kredit perbankan. Pajak yang dibayar oleh warga negar digunakan pemerintah untuk membiayai operasional negara dan aparatur negara. Penambahan infrastruktur dan pembangunan fasilitas-fasilitas publik juga dibiayai dengan pajak. Hari ini pendaftaran NPWP bisa dilakukan secara online dengan Cara Daftar NPWP Online yang tidak ribet, simple dan tentu saja cepat. Pendaftaran NPWP secara online dikenal dengan E-Registration. Cara pendaftaran seperti ini tentu mempermudah mereka yang tinggal jauh dari Kantor Pelayanan Pajak. Anda yang data tempat tinggalnya berbeda dengan yang tertera di KTP jua bisa mendaftar online.

Sebelum daftar online untuk mendapatkan NPWP, anda harus mempersiapkan dulu dokumen-dokumen berikut :

  • Jika pendaftar masuk ke kategori non usahawan (pribadi) maka dokumen yang diperlukan cukup hanya KTP atau SIM yang masih berlaku saja.
  • Jika pendaftar masuk ke kategori usahawan, dokumen yang dipersiapkan meliputi KTP penduduk Indonesia, Surat Keterangan Tempat kegiatan usaha.
  • Jika pendaftar masuk ke kategori Badan atau instansi, dokumen yang harus disiapkan meliputi fotocopy akta pendirian, Fotocopy NPWP penanggung jawab instansi atau pimpinan instansim Fotokopi KTP dari penanggung jawab instansi, Surat keterangan tempat kegiatan Usaha dari Instansi terkait
  • Jika pendaftar masuk ke kategori pemungut atau pemotong, dokumen yang harus disiapkan terdiri dari fotocopy surat penunjukan sebagai bendahara dan Fotocopy KTP nya.
  • Jika pendaftar masuk ke kategori Joint Operation (JO), dokumen yang disiapkan meliputi Fotocopy perjanjian kerjasama, Fotocopy KTP penduduk Indonesia, Fotocopy NPWP pimpinan JO.

Cara Daftar NPWP Online adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke situs dirjen pajak di pajak.go.id atau gunakan https://ereg.pajak.go.id/login bila anda ingin langsung mengakses halaman pendaftaran NPWP online
  2. Pada halaman dirjen pajak anda cari menu e-registration
  3. Jika anda sebelumnya belum melakukan pendaftaran akun, silakan daftar terlebih dahulu dengan mengklik “daftar”. Isi semua kolom dengan informasi seperti nama, email, password lalu klik “save”.
  4. Setelah itu harap akun anda diaktivasi melalui pesan yang masuk ke alamat email anda.
  5. Selanjutnya silakan isi formulir pendaftaran. Isi formulir yang tersedia dengan data-data yang lengkap.
  6. Kalau sudah selesai selanjutnya anda tinggal mengirim formulir pendaftaran dengan mengklik tombol daftar.
  7. Selanjutnya anda tinggal mencetak (print) dokumen yang tertampil di layar komputer yang terdiri dari Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  8. Klik tombol cetak lalu formulir yang tercetak ditandatangani sebagai kelengkapan dokumen.
  9. Setelah formulir yang dicetak ditandatangani, selanjutnya anda menyiapkan dokumen lainnya yaitu Fotocopy KTP individu atau perseorangan, semua dokumen pada poin 1, dan terakhir mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak ke Kantor Pelayanan Pajak.
  10. Semua berkas dikirimkan ke kantor KPP terdekat atau bisa juga melalui layanan POS. Dokumen ini harus sudah terkirim setidaknya 14 hari semenjak pengiriman formulir.
  11. Jika tidak ingin repot mengirimkan dokumen-dokumen ini, silakan scan semua dokumen tersebut lalu kirim soft file nya via menu e-registration
  12. Yang terakhir, anda tinggal mengecek status dan menunggu pengiriman kartu NPWP.

Nah itulah Cara Daftar NPWP Online yang praktis dan sederhana. Semoga informasi ini cukup jelas dan mempermudah anda untuk memiliki NPWP. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + four =