Pembagian Harta Untuk Ayah Tiri Atas Warisan Ibu

Pembagian Harta Untuk Ayah Tiri Atas Warisan Ibu

Pembagian Harta Untuk Ayah Tiri Atas Warisan Ibu

 Pembagian Harta Untuk Ayah Tiri Atas Warisan Ibu Dalam perkawinan masalah pembagian harta memang harus adil dan tidak ada yang namanya penguasaan atas harta yang bukan miliknya. Oleh karena itu jika dalam suatu keluarga terdiri dari ibu dan anak kadungnya tinggal bersama ayahnya. Tetapi, di sini sang ayah adalah suami sambungan dari si ibu dan ayah tiri bagi anak-anaknya. Apabila terjadi musibah, misalkan sang ibu meninggal dunia. Ibu tersebut meninggalkan sejumlah harta berupa tanah dan rumah. Mungkin saja suatu saat akan dirundingkan soal pembagian harta untuk ayah tiri atas warisan ibu. Apabila si ibu dikeluarga ini adalah pemilik rumah dan tanah, sementara ayah tidak termasuk di dalam kepemilikan, namun pada saat terjadi pernikahan tidak ada komitmen bagi keduanya untuk memisahkan harta masing-masing, maka setiap harta yang dihasilkan masing-masing selama pernikahan menjadi harta bersama sesuai isi Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan.

Jika di atas adalah jenis harta bersama, maka ada juga yang di sebut harta bawaan. Yaitu sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 35 ayat (2) UU Perkawinan bahwa harta bawaan adalah harta yang diperoleh masing-masing pihak sebagai hadiah atau warisan yang berada di bawah penguasaan masing-masing pihak selama tidak ada perjanjian lain.

Apabila dalam kasus ini peninggalan rumah dan tanah sang ibu yang meninggal tersebut dibeli pada masa perkawinan ibu dan ayah tiri, maka rumah dan tanah tersebut menjadi harta miliki ibu dan ayah tiri. Dan apabila tanah dan rumah tersebut akan dijual, setengah dari hasil penjualan tersebut adalah harta Ayah tiri si anak dan setengahnya lagi adalah harta Ibu anak. Sementara bagian anak-anaknya (ahli waris) adalah setengah bagian yang merupakan harta Ibu nya.

Kesimpulannya, ahli waris dari si Ibu yang meninggal dunia adalah anak-anaknya dan ayah tiri anak-anaknya atas harta bersama. Sementara untuk harta bawaan ibu yang sudah ditentukan menjadi milik pribadinya, maka yang berhak mendapatkannya adalah anak-anaknya bukan ayah tiri. Demikianlah informasi mengenai pembagian harta untuk ayah tiri atas warisan ibu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 3 =