Mengurus Peningkatan Hak Guna Bangunan Menjadi Hak Milik Atas Rumah Tinggal

Di banyak forum diskusi kami sering mendapati perbincangan—perbincangan tentang Peningkatan hak guna bangunan menjadi hak milik atas rumah tinggal dan kebanyakan dari peserta diskusi itu kebingungan dengan prosedurnya. Sebagian lagi memutuskan untuk menunda padahal pengurusannya tidak begitu sulit dan dokumen yang harus disiapkan tidak terlalu banyak. Yang kami lihat, banyak dari komentar-komentar di forum tersebut mengatakan bahwa mereka tidak mau ribet dan lebih memilih membayar calo ketimbang mengurusnya sendiri.

Peningkatan hak guna bangunan menjadi hak milik atas rumah tinggal untuk Tanah Yang Luasnya Tidak Sampai 600 m2

Jika tanah yang ingin anda tingkatkan statusnya memiliki luas yang tidak melebihi 600 m2 maka proses pengurusannya cukup mudah. Anda bisa mengajukan peningkatan hak ke kantor pertanahan, setelah itu Kantor Pertanahan melakukan pengubahan hak melalui penulisan langsung di halaman sertifikat bahwa hak HGB tanah itu sudah ditingkatkan menjadi Hak Milik.

Beberapa persyaratan yang harus disertakan untuk Peningkatan Hak Guna Bangunan menjadi hak milik atas rumah tinggal antara lain :

  1. Sertifikat HGB yang asli
  2. Fotocopy IMB dari rumah tinggal
  3. FOtocopy Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan yang Baru dibayarkan
  4. Fotocopy KTP dan KK pemohon
  5. PM1 yang diterbitkan kelurahan dengan pernyataan bahwa rumah itu digunakan sebagai tempat tinggal
  6. Memberikan pernyataan bahwa anda akan memiliki SHM tidak lebih besar dari 5000 m2 (lima ribu meter persegi). Anda bisa meminta formulir ini di kantor BPN.
  7. Surat Kuasa apabila pengurusan surat ini dikuasakan kepada orang lain

Dari persyaratan di atas, anda bisa melihat bahwa tanah yang bisa ditingkatkan statusnya adalah tanah yang dipakai sebagai rumah tinggal atau digunakan untuk kepentingan khusus tapi masih sejalan dengan peraturan perundang-undangan (untuk aktivitas organisasi, untuk kegiatan keagaaan, untuk organisasi kemanusiaan, dan lain-lain).

Peningkatan Hak Guna Bangunan menjadi hak milik atas rumah tinggal Bila Tanah Melebihi 600 m2

Bila tanah yang ingin anda tingkatkan statusnya memiliki luas lebih dari 600 m2 maka pengurusananya memberlakukan hak baru tetapi tidak melibatkan Panitia A (Panitia yang terdiri dari Kelurahan dan BPN). Proses yang dilakukan pun berupa konstatering report dan dilakukan di BPN. Hasilnya berupa SK pemberian hak milik.

Bila luas tanah lebih besar dari 600 m2 maka yang dibutuhkan untuk pengurusan menjadi hak milik tetap sama dengan peningkatan hak untuk luas tanah di bawah 600 m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =