Mengunggah screenshots SMS yang menyebalkan apakah termasuk melanggar hukum

Apakah anda sering ataupun kerap mendapatkan sms yang isinya seperti tawaran untuk pembuatan kartu kredit, situs-situs online, dan masih banyak lagi sms-sms yang rasanya cukup menjengkelkan kalau hampir setiap hari mesti menghampiri ponsel milik anda. Dan bagaimanakah jika sangking kesalnya anda, menscreenshots SMS yang menyebalkan itu, kemudian menggugah hasil screenshots SMS tadi ke jejaring sosial seperti BBM, twitter, atau bahkan facebook. Apkah itu merupakan salah satu pelanggaran hukum yang bisa dikenakan denda atau bahkan pidana. Berikut akan kami berikan sedikit penjelasan ataupun info mengenai masalah yang sedang anda hadapi ini.

Meskipun anda hanya berniat untuk menshare screenshots SMS tersebut dengan tujuan hanya sekedar curhat saja, namun anda harus tetap berhati-hati juga. Karena hal yang anda lakukan tersebut bisa saja menimbulkan konsekuensi-konsekuensi hukum, dimana dengan menshare screenshots SMS tersebut keberbagai macam media-media social bisa membentuk suatu ruang public yang virtual. Dan pada UU ITE pada pasal 27 ini sendiri sudah disebutkan beberapa hal mengenai ada beberapa pelarangan sehubungan dengan pendistribusian suatu dokumen ataupun informasi melalui media elektronik.

Dan bunyi pasal tersebut diantara lain yaitu yang pertama, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisi dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Dan ayat yang kedua , setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan.atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan perjudian. Bunyi pasal berikutnya yaitu setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan /atau mentrasmisikan dna/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau membuat dapat diakses informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Dan jika yang anda share tersebut adalah sms yang mengandung hal-hal yang isinya untuk menghina ataupun untuk mencemarkan nama baik. Maka perbuatan anda tersebut merupakan salah satu penaggaran hukum, dan bsia dikenakan pidana berdasarkan UU ITE pasal 27 ayat 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 4 =