Mengenal Lebih Jauh Istilah Roya Dalam Bidang Pertanahan

Sudahkah anda tahu apa itu Roya? Roya adalah sebuah istilah di bidang perbankan yang muncul ketika pelunasan hak tanggungan anda kepada pihak Bank sudah dilakukan. Sebagai contoh, ketika utang KPR kepada Bank sudah dilunasi hak tanggungannya, pasti anda akan mendengar istilah Roya. Nah, kalo anda masih belum mengerti juga, saya akan mencoba menjelaskannya sesingkat mungkin tentang apa itu Roya.

Roya berkaitan erat dengan dihapuskannya hak jaminan dikarenakan utang yang dibebankan atas hak tanah seorang pemilik kepada sebuah Bank sudah dilunasi. Maka dari itu, Roya sering disebut juga dengan penghapusan hak tanggungan. Ilustrasinya seperti ini, ketika anda bermaksud unutk membeli properti, baik rumah atau tanah, maka anda biasanya mengajukan permohonan kredit (pinjaman) kepada Bank, selanjutnya Bank akan menuntut jaminan dari anda dengan meminta sertifikat rumah untuk penjaminan kredit yang diajukan.

Berikutnya, anda diharuskan untuk membubuhkan tanda tangan di atas sebuah surat perjanjian kredit untuk membuktikan persetujuan anda dan diikuti dengan pembuatan APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan) yang mana pembuatannya didasarkan pada perjanjian kredit itu. Tahap berikutnya, PPAT/Notaris akan mengurus pencatatan ke kantor BPN. Setelah tahap ini selesai, selanjutnya anda akan diberi Sertifikat Hak Tanggungan berisi detail info dan keterangan seperti yang tercatat dalam APHT kreditur. Sertifikat Hak Tanggungan ini diterbitkan oleh Kantor Pertanahan.

Anda menggunakan sertifikat hak tanggungan sebagai pembuktian bahwa sebuah objek sudah dibebankan hak tanggungan. Apabila pengurusan hak tanggungan pada sertifikat dan sertifikat hak tanggungan sudah beres, berikutnya, Sertifikat Hak Tanggungan akan dikirim kembali ke kantor PPAT untuk selanjutnya diserahkan pada debitur untuk disimpan hingga diselesaikannya utang piutang.

Apabila pihak Bank sudah mendapat pelunasan atas fasilitas kredit yang diberikan pada debitur, Bank akan memberikan Surat Keterangan Lunas plus sebuah Surat Roya dengan alamat ke Kantor BPN di mana permohonan terdapat di dalam surat itu. Tak lama kemudian, dilakukan penghapusan atas Hak Tanggungan debitur.

Nah sahabat, di titik inilah Istilah Roya muncul dan anda tahu, Surat Roya beserta Sertifikat Hak Tanggungan diberikan sekali lagi kepada pemilik (kreditur) untuk selanjutnya menghapus pembebasan hak tanggungan ke kantor pertanahan.

Jika BPR sudah sepenuhnya menerima Surat Roya yang disertai Permohonan Penghapusan Pembebasan Hak Tanggungan, maka semua dokumen anda bersih kembali dan data hak tanggungan di BPN dihapus untuk membersihkan anda dari hak tanggungan.

Oke, sampai di sini apakah anda sudah memahami Istilah Roya? Kami harap artikel ini bisa membantu anda, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =