Mendownload e-book di internet apakah melanggar hukum

Perkembangan internet saat ini sudah semakin pesat dan maju saja. Apalagi saat ini jaringan intenet pun sudah didukung dengan jaringan sekelas 4 G. Sehingga membuat para penggunnya bisa berselancar dengan super ngebut didunia maya tanpa ada hambatan. Banyak sekali yang bisa dilakukan didunia maya dengan menggunakan jariangan internet ini, diantaranya bermain games online, membuka jejaring social, menulis blog dan masih banyak lagi hal-hal ataupun kegiatan lain yang bisa dilakukan. Dan apakah mendownload e-book di internet termasuk melanggar hukum. Kami akan memberikan penjelasan ataupun informasinya untuk anda.

E-book ini sendiri merupakan suatu karya yang diciptakan dan dilindungi sebagai mana sudah diatur didalam UU No 19 tahun 2002 tentang hak cipta pada pasal 12. Sedangkan terkait dengan hak yang dimiliki oleh penulis tersebut (yaitu penulis e-book ) , sudah disebutkan pada pasal 1 angka 4 Undang-undang hak cipta, yang berbunyi bahwa “ pemegang hak cipta adalah pencipta sebagai pemilik hak cipta atau pihak-pihak yang sudah menerima hak tersebut yang diberikan oleh pencipta karya tersebut “ . Dan berdasarkan Undang-undang hak cipta itu, maka bisa disimpulkan kalau penulis e-book tersebut merupakan pencipta yang memiliki hak cipta dari e-book yang diciptakannya itu.

Dan pada undang-undang hak cipta pasal 2 ayat 1 berbunyi “ hak cipta merupakan eksklusif bagi pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengumumnkan ataupun memperbanyak ciptaannya , yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Dan melihat pasal-pasal yang suda disebutkan diatas tadi , maka dapat disimpulkan bahwa hanya pencipta ataupun pemegang hak cipta yang memiliki hak untuk memperbanyak ataupun mengumunkan e-book tersebut. Dan bagi mereka yang ingin memperbanyak atau mengumumkan ebook tersebut harus melakukan izin dari pencipta ataupun pemegang hak cipta e-book itu. Namun tak sedikit juga para penulis yang dengan sukarela mengizinkan mereka untuk mendownload e-book hasil karyanya dengan gratis, tanpa dikenai biaya sepersen pun. Tapi tak semua juga penulis yang melakukan hal seperti ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 5 =