Mendirikan Bangunan Harus Punya Izin Mendirikan Bangunan Dulu sesuai ketentuan Pemerintah

Untuk keperluan apapun, jika anda hendak mendirikan sebuah bangunan maka terlebih dulu anda harus mengurus Izin Mendirikan Bangunan atau IMB. Hal ini untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kelayakan, juga kesesuaian fungsi bangunan. Untuk memperoleh kepastian hukum atas bangunan yang anda dirikan anda harus mengajukan IMB. Pemerintah daerah adalah pihak yang berkewenangan untuk memberikan IMB dan peruntukannya diberikan kepada badan usaha maupun individu yang ingin melakukan pembangunan, perbaikan, perombakan atau perobohan bangunan dengan maksud agar pembangunan yang dilaksanakan betul-betul sesuai dengan peraturan tata ruang yang berlaku.

IMB diberlakukan untuk menjamin ketertiban, keselarasan, kenyamanan hingga keamanan dari sebuah bangunan baik pada penghuninya maupun masyarakat di sekitar rumah atau gedung yang dibangun. Tidak hanya itu, Izin Mendirikan Bangunan ternyata menjadi prasyarat untuk mengajukan kredit di Bank. Pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk mengeluarkan IMB. Sebelum anda mulai mengurus IMB, anda sebaiknya memahami ketentuan-ketentuan untuk mengajukan IMB. Semua informasi terkait ketentuan itu sudah harus ada di tangan sebelum gambar desain bangunan dibuat.

Lama waktu pengurusan sebuah dokumen IMB biasanya tidak lebih dari 25 hari semenjak permohonannya diajukan. Tapi lama waktu pengurusan dokumen ini tidak sama antara derah satu dengan yang lain, kebijakan pemerintah daerah setempat mempengaruhi hal ini. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan antara lain :

  1. Formulir IMB yang bisa anda minta sendiri kemudian diisi selengkap-lengkapnya
  2. Foto Copy KTP pengurus dan pemilik
  3. Jika pengurusannya diwakilkan maka anda harus menyiapkan surat kuasa
  4. Foto Copy nota pembayaran PBB yang terbaru
  5. Foto Copy Bukti kepemilikan atas tanah
  6. Gambar Desain arsitektur bangunan

Apabila semua dokumen di atas sudah disiapkan, untuk selanjutnya :

  1. Sesudah semua dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai, berikutnya bundle berkas akan diagendakan dan pemohon diberi arsip permohonan.
  2. Akan dilakukan pengecekan lapangan dan gedung yang akan dibangun diukur
  3. Berkas permohonan akan diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pemerintah
  4. Pemohon akan diberi pemberitahuan apabila berkas Izin Mendirikan Bangunan sudah diterbitkan. Selanjutnya berkas IMB bisa anda bawa di loket pengambilan. Saat mengambil berkas IMB anda diharuskan untuk memperlihatkan tanda lunas pembayaran retribusi.

Saat mengurus IMB memang ada sejumlah biaya yang dibebankan, besarannya ditentukan oleh beberapa hal yaitu, letak tanah, luas bangunan, dan peruntukan bangunan (untuk rumah tinggal atau untuk usaha).

IMB hanya berlaku apabila pada tidak terjadi perubahan-perubahan pada desain awal yang sudah ditetapkan oleh pemilik bangunan. Selain itu, bangunan yang sudah dibuat sketsa awalnya harus segera dibangun paling lambat 6 bulan sesudah IMB nya diterbitkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =