Membuat Perkumpulan Yang Legal Menurut Hukum

Sebuah perkumpulan yang memiliki interest pada satu bidang tertentu seperti masalah sosial, keagamaan dan kemanusiaan harus mendapat pengesahan badan hukum dari Menhumkam. Hal ini tertera dalam Permenhumkam No. 6/2014 Tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan. Anda harus mengikuti aturan ini untuk membuat perkumpulan yang legal. Dalam peraturan ini dinyatakan bahwa Pemohon adalah setiap warga Negara yang bertindak atas nama sendiri ataupun berkelompok yang memberikan kuasa pada notaris untuk mengajukan permohonan kepada Sistem Administrasi Badan Hukum. Aturan ini diberlakukan sejak tanggal 25 Maret 2014 silam.

Mengajukan Permohonan Nama Perkumpulan

Untuk membuat perkumpulan yang legal, anda harus mempuyai nama kelompok yang jelas kemudian diajukan melalui SABH (Sistem Administrasi Badan Hukum). Pengajuan permohonan ini didahului dengan pengisian formulir pengajuan nama perkumpulan dengan informasi berisi (i) nomor persetujuan pemakaian nama Perkumpulan dari Bank persepsi dan (ii) nama Perkumpulan yang diinginkan. Biaya yang dibebankan untuk keperluan ini rinciannya diatur dalam Peraturan Perundang-undangan tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang diberlakukan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah biaya ini maka anda akan diberitahu bahwa masa berlakunya hanya enam puluh hari sejak hari dibayarkannya dana ini. Berkaitan dengan hal ini, anda harus mengisi formulir berisi pernyataan bahwa nama perkumpulan yang dipilih telah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan dan bahwa anda bertanggung jawab sepenuhnya pada nama yang anda pesan tersebut.

Mengajukan Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan

Pengajuan ini bisa dilakukan menggunakan media elektronik dan ditujukan ke Menhumkam dengan mengisi formulir format pendirian. Sebelumnya anda diharuskan membayar dulu biaya pengajuan pengesahan badan hukum perkumpulan via bank persepsi. Format pendirian ini anda isi selengkap mungkin lalu diserahkan secara elektronik dengan disertai dokumen pendukung yaitu surat pernyataan anda sebagai pemohon dengan penekanan bahwa semua dokumen sudah lengkap sepenuhnya. Selanjutnya semua dokumen pendirian diberikan ke notaris untuk disimpan, dokumen-dokumen ini terdiri dari :

1. Akta pendirian oleh notaries, berisi informasi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga
2. Program kerja
3. Sumber pendanaan
4. Surat keterangan tempat tinggal
5. NPWP untuk nama perkumpulan yang diajukan
6. Surat berisi statement bahwa perkumpulan yang akan anda bentuk tidak terlibat dalam perkara di pengadilan atau dalam sengketa kepengurusan

Semua dokumen di atas nanti akan disimpan oleh notaris untuk pemrosesan lebih lanjut sebagai bagian dari langkah untuk membuat perkumpulan yang legal. Apabila semua dokumen sudah siap dan dikirim, maka dalam beberapa hari kerja akan segera Menyatakan tidak berkeberatan terhadap pengajuan pengesahan badan hukum bila format pendirian dan dokumen pelengkap semua sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya menhumkam akan mengeluarkan keputusan pengesahan badan hukum perkumpulan setidaknya dalam waktu 14 hari dari tanggal Pernyataan Tidak Berkeberatan. Keputusan tentang pengesahan nama perkumpulan itu sendiri akan anda terima secara elektronik dan notaris bisa langsung mencetaknya.

Pengajuan Secara Non-Elektronik

Bila notaris yang anda tunjuk tidak memiliki koneksi ke jaringan internet karena masalah tertentu maka pengajuannya bisa dilakukan secara non-elektronik (manual). Pengajuan ini bisa dilakukan seperti biasa dengan menyertakan dokumen pelengkap lainnya bersama surat keterangan dari kepala kantor telekomunikasi setempat dengan pernyataan bahwa notaris yang ditunjuk belum memiliki fasilitas yang terkoneksi ke jaringan internet.

Demikianlah tahapan untuk membuat perkumpulan yang legal secara hukum. Bila semua persyaratan ini sudah anda penuhi maka perkumpulan yang anda dirikan sudah legal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 20 =