Ketentuan Pajak Usaha Indekos

Ketentuan Pajak Usaha Indekos

Ketentuan Pajak Usaha IndekosUsaha Indekos adalah salah satu usaha di bidang penyewaan kamar. Biasanya ini dijalankan oleh pihak perseorangan dan lebih mengutamakan sewa kamar berupa kamar kos. Bisnis seperti ini akan tetap dibebani dengan adanya pajak penghasilan. Adapun penjelasan mengenai pajak penghasilan adalah sebagai berikut.

Pajak penghasilan diatur di dalam pasal 1 Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 yang menegaskan bahwa “pajak penghasilan di kenakan terhadap Subjek Pajak atas penghasilan yang diperoleh Subjek pajak dalam tahun pajak” .

Sementara yang dimaksud Subjek Pajak disebutkan di dalam pasal 2 Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 yaitu “orang pribadi atau warisan yang belum terbagi sebagai suatu kesatuan yang menggantikan yang berhak, atau badan dan bentuk usaha tetap”.

Di lihat dar peraturan Pasal 1 dan Pasal 2 Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1996 yang mengatur pajak terhadap usaha pemyewaaan rumah atau kamar kos dijelaskan sebagai berkut.

Di dalam pasal 1 disebutkan bahwa “atas peghasilan yang dperoleh orang pribadi atau badan usaha penyewaan tanah atau bangunan seperti rumah, apartemen, kantor, toko dan sebagainya yang berupa bangunan ruang wajib membayar pajak penghasilan atau Pph.

 

Selanjutnya, di dalam pasal 2 ditegaskan bahwa:

  1. Atas penghasilan yang di peroleh dari usaha penyewaan yang dimaksud di dalam pasal 1 di atas maka wajib di potong dengan pajak penghasilan oleh penyewa.
  2. Penyewa bukan bertindak sebagai pemotong pajak, maka pajak penghasilan yang terutang wajib dibayar oleh orang pribadi atau badan yang memperoleh penghasilan

Jadi, usaha pribadi berupa penyewaan kamar kos yang dilakukan seseorang harus membayar pajak dari penghasilan yang diperolehnya.

Adapun mengenai besarnya jumlah pajak yang dikenakan adalah sebagai berikut sesuai yang di atur di dalam Pasal 3 PP No. 29 Tahun 1996.

Pajak Penghasilan yang wajib dibayarkan sendiri oleh penyewa atau pemberi sewa kamar kos adalah sebesar 10 % dari jumlah penghasilan bersih penyewaan kamar kos dan bersifat final”.

Jadi kesimpulannya, usaha penyewaan kamar kos adalah salah satu objek pajak dan untuk pelaku yang menyewakan kamar kos wajib membayar pajak penghasilan yang besarnya 10 % dari jumlah penghasilan bruto penyewaan kamar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − four =