Ini Dia Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan di Indonesia

Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan yang jelas akan memberi anda jaminan soal legalisasi dokumen yang diperlukan. Sebuah yayasan memiliki badan hukum dan pendiriannya melibatkan 3 proses yaitu Proses Pendirian, Proses Pengesahan, dan Proses Pengumuman. Pada tahap pertama, proses pendirian yayasan dilakukan oleh satu atau beberapa orang ­di mana harta kekayaan si pendiri dipisahkan. Terkait jumlah kekayaan awal yang dipisahkan oleh sang pendiri maka hal ini saat ini sedang dibahas lebih lanjut dalam Rancangan PP mengenai kekayaan yayasan yang besaran awalnya mencapai Rp. 10 Juta.

Untuk mendirikan sebuah yayasan diperlukan sebuah akta dan pengurusannya dilakukan di Notaris. Akta notaris yang dipakai menggunakan bahasa Indonesia. Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan, dalam hal ini persyaratan dokumen yang harus disiapkan sebelum menghadap ke Notaris antara lain :

  1. Jika yayasan didirikan oleh perorangan maka yang harus disiapkan adalah kartu identitas pribadi para pendiri, kalau oleh badan hukum maka harus ada akta badan hukum, domisili. NPWP, dan sebagainya. Kalau pendirinya sebuah kelompok maka dokumen yang harus disiapkan berkaitan dengan Persona Standi In Judicio dari semua pendiri.
  2. Kalau pendiri tidak bisa hadir saat menghadap Notaris maka diperlukan surat kuasa.
  3. Bila sudah tersedia, maka surat kuasa untuk selanjutnya diserahkan ke Notaris Anggaran Rumah Tangga dari Yayasan

Langkah berikutnya memasuki tahap Pengesahan. Dalam hal ini status badan hukum baru diberikan ketika akta pendirian yang dibuat sudah diberi pengesahan oleh Menteri yang pelaksanaannya dilakukan oleh Kepala Kanwil Depkeh HAM setempat. Jangka waktu pengesahan biasanya diberikan dalam waktu 30 hari semenjak permohonan lengkap diterima. Seandainya permohonan anda ditolak, biasanya anda akan diberi pemberitahuan secara tertulis yang memuat alasan-alasan penolakan tersebut.

Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan yang terakhir apabila telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum adalah mengumumkan, membuat pengumuman dalam berita negara. Besaran biaya pengumuman akan diberitahukan sesuai dengan peraturan pemerintah. Anda harus mengajukan permohonan pengumuman dalam waktu setidaknya 30 hari sejak pengesahan akta pendirian. Dalam kurun waktu yang tidak ditentukan, apabila belum dilakukan pengumuman maka semua kerugian yayasan menjadi tanggung jawab dari pengurus yayasan.

Apabila Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan tadi sudah dilakukan secara konsekuen, maka yayasan itu sudah sah menjadi sebuah badan hukum. Sebelum mendirikan yayasan, sebaiknya anda memastikan bahwa yayasan yang didirikan betul-betul ditujukan untuk kepentingan sosial karena semenjak diberlakukannya Undang-Undang No. 16/2001, sebuah yayasan tidak lagi bisa dipakai sebagai sarana untuk aktivitas komersial melainkan harus sepenuhnya bersifat sosial.

Demikian Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan yang singkap tetapi cukup padat ini. Bila ada pertanyaan silakan jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 8 =