Dapatkah CV Ditingkatkan Jadi PT Untuk Meningkatkan Pemasukan?

Seseorang yang sudah memiliki bisnis sendiri ingin meningkatkan status usahanya menjadi PT tapi saat ini status perusahaannya masih CV. Ia memiliki pelanggan loyal sehingga bisnisnya dipercaya dan usahanya semakin berkembang. Ia bingung dan mempertanyakan Dapatkah CV Ditingkatkan Jadi PT tetapi riwayat perusahaan yang ia gunakan masih CV mereka (tanpa mendirikan perusahaan baru). Ia ingin agar perusahaannya berstatus PT tapi juga tidak tahu bilamana usaha mereka itu akan berkembang atau tidak.

Dapatkah CV Ditingkatkan Jadi PT ? Ini jawabannya

Sebagai seorang pebisnis, saya sering menemukan pertanyaan semacam ini. Pada kenyataannya, sebuah perusahaan dengan status CV bisa dinaikkan bentuk usahanya ke dalam PT dengan memakai ijin-ijin CV dan riwayat CV yang saat ini sedang dijalankannya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Melakukan Revaluasi Aset

Ketika pertama kali didirikan CV berbentuk sebuah persekutuan dan didasarkan pada sebuah perjanjian. CV tidak mempunyai badan hukum dan tidak melakukan pemisahan kekayaan para pemilik usahanya (khususnya persero aktifnya) dengan kekayaan CV.

Daripada itu, jika kita ingin mengetahui jumlah harta dari sebuah CV yang tidak meliputi kekayaan para peseronya, karena kekayaan itu termasuk ke dalam harta PT yang rencananya akan dibentuk, maka sebuah revaluasi asset harus dilakukan pada CV tersebut.

Untuk ini, Sebuah CV harus melakukan dulu audit terhadap seluruh kekayaan yang ada yang pelaksanaannya dilakukan oleh seorang Akuntan Publik Independen. Setelah besaran aset diketahui melalui pemisaat dari aset CV, maka jumlah itu dikatakan sebagai setoran modal para Persero CV ke dalam PT.

Membuat Iklan Di Surat Kabar Lokal

Berikutnya untuk mengumumkan berubahnya status perusahaan dari CV menjadi PT, maka para persero harus membuat iklan di surat kabar. Dalam iklan ini juga diumumkan hasil audit keseluruhan aset CV yang hendak disetorkan oleh semua persero itu.

Iklan ini juga dimaksudkan untuk memberitahu public dan semua kreditur bahwa Seluruh hak dan kewajiban CV sudah berubah menjadi PT.

Akta Pendirian PT

Setelah selesai mengurus tahap satu dan kedua, maka tanpa harus berlama-lama, pemilik CV bisa sesegera mungkin membuat akta pendirian PT. Intinya, akta ini menjelaskan bahwa para persero menyetorkan seluruh harta CV yang sebelumnya diaudit ke dalam harta PT.

Sebagian orang menganggap bahwa proses merubah status CV ke dalam PT terlalu lama dan ruwet. Sebagian lagi malah membikin perusahaan baru yang namanya sama tetapi memakai CV yang lama. Ini dianggap sebagai trik yang cepat dan lebih mudah. Nah bagaimana sahabat semua, kini anda sudah bisa menjawab pertanyaan Dapatkah CV Ditingkatkan Jadi PT? Semoga memberi anda tambahan info yang berharga. Selamat berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 10 =