Bolehkah Lembaga Pendidikan Membentuk Perseroan Terbatas?

Bolehkah Lembaga Pendidikan Membentuk Perseroan Terbatas?

 Sebuah Lembaga Pendidikan adalah badan usaha yang berada di bawah pengawasan sebuah badan hukum yaitu Yayasan. Sebagai sebuah badan hukum, Yayasan dapat melakukan kegiatan usaha untuk mencapai tujuannya dengan mendirikan anak perusahaan atau ikut serta dalam suatu badan usaha sesuai yang tetulis dalam UU Yayasan No. 28 Tahun 2004.

Dalam mendirikan badan usaha, Yayasan memiliki wewenang yaitu : (1) dapat mendirikan usaha yang kegiatannya sesuai dengan maksud dan tujuan Yayasan, (2) dapat ikut serta dalam berbagai bentuk usaha dengan syarat sahamnya hanya 25% dari seluruh kekayaannya, (3) namun setiap anggotanya dilarang untuk merangkap dua jabatan sekaligus, Kewenangan ini sesuai dengan yang dinyatakan dalam pasal 7 UU Yayasan. Adapun kegiatan usaha dari badan usaha yang didirikan oleh Yayasan harus sesuai dengan maksud dan tujuan Yayasan yang tidak bertentangan dengan ketertiban umum, hukum dan kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat 1 (UU Yayasan Pasal 8).

Mengenai pertanyaan apakah Yayasan dapat mendirikan anak usaha bebentuk Perseroan Terbatas dijelaskan terlebih dahulu dengan menetahui apa itu Perseroan Terbatas. Perseroan Terbatas ialah badan usaha yang didirikan oleh warga Negara Indonesia atau badan hukum (UU PT No. 40 Tahun 2007). Sesuai denan UU Perseroan Terbatas, pendiri sebuah badan usaha salah satunya adalah Badan Hukum. Terkait dengan isi Pasal 11 UU Yayasan yang menyatakan bahwa Yayasan mperoleh status sebagai badan hukum setelah akta pendirian Yayasan disahkan oleh Menteri. Itu artinya, Yayasan diperbolehkan menjadi pemegang saham atau memiliki anak usaha dalam bentuk Perseroan Terbatas tetapi kegiatannya harus sesuai dengan ketentuan yang disebutkan dalam Pasal 7 dan Pasal 8 UU Yayasan.

Dijelaskan juga dalam pasal 26 ayat 2 piont (e) UU Yayasan, bahwa Yayasan tetap diperbolehkan untuk mencari keuntungan dari perolehan lain asalkan tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar Yayasan dan hukum yang berlaku. Tetapi ketentuannya, sifat dan tujuan Yayasan adalah sebagai badan hukum yang tujuannya berorientasi pada bidang sosial, pendidikan, keagamaan dan kemanusiaan. Kesimpulannya, Perseroan Terbatas yang hendak didirikan oleh Lembaga Pendidikan harus berorientasi dan bergerak di bidang yang sama yaitu pendidikan.

2 comments. Leave new

Eko,Soal akses data error memang sudah jadi peiaatrhn sejak lama. Backup data dari server di USA baru saja tuntas dikerjakan oleh seorang teman dengan total 10GB (artikel + foto selama 3 tahun). Setelah itu, data tadi akan dipindahkan ke server lokal di Jakarta, dan semoga soal data error tadi bisa teratasi. Atas saran teman, agar lonjakan data tidak sampai membesar, maka jumlah foto maupun kualitas foto terpaksa harus dikurangi. Soal video memang salah satu gebrakan SL.com dalam hal peliputan. Dalam hal ini SL.com tidak hanya menulis artikel dan foto, tapi juga berkembang dengan rekaman video termasuk interview. Memilih youtube karena youtube ini mudah diakses oleh siapa saja. Terkait dengan blocking, hal ini terjadi karena ada lagu-lagu yang dipakai dalam video kami tidak lolos sensor di youtube (masalah copyright). Ini message dari youtube soal blocking video: You have disputed a copyright claim on your video. As a result, your video is blocked in these locations: bla-bla-bla include Indonesia.Terima kasih atas peiaatrhn dan masukan2 yang telah diberikan. Yang pasti website SL.com akan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan2 yang ada dimasa kini.Salam jabat erat,SL.com

Bung Stephen,Pagi2 Senin dikantor saya diotodng oleh bro Andry, kemarin di ketemu Bung Stephen gak, saya bilang wah gak tahu tuh wong saya lagi fokus ke track Sentul yang sudah 18 thn ga pernah saya masuki setelah balap mobil soft opening th’82 jadi mana memperhatikan masalahnya isi kepala saya lagi ter-aduk2 dg segala sesuatu tentang riding techniques kayak pita kaset yg nge-rewind sendiri di kepala he..heTersu dia info kan coba bapak lihat webblog nya eh ternyata banyak juga photo2 saya .thanks bung dan maaf kalau saya ga sempat negor (habis potongan anda kayak ownernya Ducati ./ yg saya sendiri ga sempat berbincang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 12 =