Bisnis Musik Indie Melalui Website

Bisnis Musik Indie Melalui Website

Bisnis Musik Indie Melalui WebsiteBiasanya penjualan lagu dilakukan dalam bentuk album yang dikeluarkan oleh perusaah label rekaman yang besar. Lain dari pada itu, lagu Indie tidak dijual dibawah label perusahaan rekaman yang besar. Saat ini, banyak lagu Indie dijual secara online oleh pebisnis penjualan lagu perorangan. Penjualan lagu Indie yang tidak didukung oleh label rekaman akan lebih cenderung memanfaatkan website seperti halnya usaha-usaha online yang memasarkan produk secara bebas. Bagaimakah dengan ketentuan bisnis musik Indie melalui website?

Penjualan melalui website di atur dalam Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Hal yang perlu diperhatikan untuk perdagangan melalui sistem elektronik adalah kepemilikan Sertifikasi Keandalan yang diperoleh mellaui pemeriksaan kelengkapan dan kebenaran informasi beserta sistem elektronik yang digunakan pelaku usaha.

Sertifikasi keandalan diberlakukan guna melindungi konsumen (pembeli lagu Indie melalui website) dalam melakukan transaksi pembelian melalui media elektronik. Selain itu di pihak pengusaha, sertifikasi keadalan ini berfungsi untuk menarik kepercayan konsumen terhadap usaha penjualan lagu indie yang dilakukan oleh pihak pengusaha.

Namun untuk sementara ini, di Indonesia belum memiliki kesiapan dalam hal memberlakukan Sertifikasi Keandalan diikarenakan belum adanya peraturan yang lebih jelas dalam mengatur prosedur, persyaratan serta masalah teknis dalam pembuatan sertifikasi keandalan tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa belum ada peraturan yang mewajibkan pelaku usaha-usaha penjualan melalui media elektronik (website) untuk mendaftarkan usaha mereka.

Sebagai pengganti dari sertifikat keandalan, pelaku usaha penjualan lagu Indie melalui media elektronik dapat mengajukan SIUP atau Surat Izin Usaha di wilayah setempat. SIUP dimaksudkan sebagai bukti legalitas usaha yang diakui pemerintah, sehingga ketika usaha mengalami masalah atau gangguan di kemudian hari akan dilindungi oleh kepastian hukum yang kuat.

Kemudian perlu diperhatikan pula mengenai undang-undang hak cipta. Lagu Indie meskipun tidak diterbitkan oleh perusahaan rekaman berbadan hukum, tetap dilindungi hak ciptanya. Bila terjadi pelanggaran hak cipta, dimana pelakunya mengedarkan, menerbitkan atau mengumumkan tanpa izin pemilik hak cipta dapat .dijerat hukuman.

Jadi sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis penjualan musik indie melalui website harus dipastikan bahwa sudah izin dari pencipta atau pemegan hak cipta lagu Indie yang akan diperjual belikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 7 =