Batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa

Batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa

Batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa 

Saat ini ada banyak sekali orang yang ingin ikut berperan dalam mengembangkan daerah, bangsa, dan negaranya, dan berlomba-lomba untuk menjadi bapak atau ibu RT,RW, kepala desa, lurah, bupati, gubernur, walikota, anggota DPR, MPR bahkan menjadi Presiden. Tidak hanya orang yang berpendidikan di bidang politik saja loh yang ingin menempati posisi-posisi tersebut, para aktor dan aktris sekalipun ikut menggeluti bidang-bidang politik tersebut. Lalu, apa saja sih syarat untuk ikut berperan di bidang politik, seperti menjadi kepala desa? Bagaimana batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa?.

Ternyata untuk mencalonkan diri di bidang politik itu tidak mudah loh, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Contohnya untuk menjadi kepala desa, syaratnya telah disebutkan dalam pasal 33 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa (UU desa) diantaranya:

  1. Calon kepala desa merupakan warga negara Indonesia.
  2. Pencalon bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Pencalon melaksanakan UUD negara RI tahun 1945, memegang teguh dan mengamalkan pancasila.
  4. Pencalon berpendidikan paling rendah SMP (Sekolah Menengah Pertama) sederajat.
  5. berusia serendah-rendanya 25 tahun.
  6. bersedia dicalonkan menjadi kepala desa.
  7. berbadan sehat.
  8. tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara.
  9. tidak pernah menjadi Kepala Desa selama 3 kali masa jabatan.
  10. dan lain-lain.

Dari syarat-syarat di atas, telah kita ketahui bahwa setiap oran bisa mencalonkan diri dan berpartisipasi dalam bidang politik khusunya untuk menjadi kepala desa. Asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, semua orang bisa mencalonkan diri yang tentunya memenuhi batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa, yaitu wajib 25 tahun ke atas atau dengan kata lain serendah-rendahnya telah berusia 25 tahun. Hal ini tidak hanya di atur dalam UU desa “pasal 33 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa”, tetapi juga di atur dalam “Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang desa”, dan “Peraturan Bupati Magetan Nomor 43 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemilihan Kepala Desa” di dalam lampiran I romawi II angka 3 huruf d Perbup Magetan 43/2013 dan lampiran I romawi II angka 4 Perbup Magetan 43/2013. Jadi, tidak peduli seseorang yang mencalonkan diri menjadi kepala desa itu sudah menikah atau belum, yang jelas harus memenuhi batas persyaratan usia untuk menjadi kepala desa yaitu 25 tahun dan memenuhi syarat-syarat untuk menjadi kepala desa yang lainnya.

1 comment. Leave new

Saya disuruh maju di pencalonan kepala desa, tapi nanti dululah , usia saya juga masih kurang 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − fifteen =