Bagaimana Memulai Usaha Hotel Yang Bertahan Lama dan Menguntungkan

Bisnis hotel adalah bisnis yang menjanjikan karena peluangnya sangat besar, mudah dikembangkan dan bisa dipertahankan. Keistimewaan lainnya dari bisnis hotel adalah harga jual properti yang semakin meroket dibandingkan modal yang telah anda bayarkan untuk pembangunannya di awal. Tapi bagaimana memulai usaha hotel yang bisa menjanjikan keuntungan besar dan bisa diekspansi lebih besar lagi di masa depan? Jangan dulu beranjak jauh, kita akan membahasnya di sini untuk anda semua.

Mungkin anda sering mendengar bahwa tingkat hunian hotel selalu tinggi begitu hari libur tiba, hal ini akan melipatgandakan nilai hotel yang anda miliki hingga dalam waktu yang singkat anda bisa memiliki hotel baru yang lebih prospektif.

Membedakan Bisnis Hotel dengan Bisnis Yang Lain

Bisnis hotel membutuhkan investasi yang sangat besar terutama dari pelaksana operasional hariannya yaitu para staf dan pengelola hotel lainnya. Dalam hal ini sumber daya manusia yang digunakan haruslah orang-orang terlatih dan tahu betul seluk beluk bisnis hotel. Banyak sekali hotel berbintang yang mengelola bisnisnya dengan dengan slogan yang menggoda calon pengunjung misalnya untuk menyenangkan para tamu dan membuat tamu betah. Untuk mewujudkan hal ini maka diperlukan karyawan yang banyak dan berpengalaman untuk bisa membuat tamu merasa nyaman menginap di hotel yang anda kelola.

Perihal bagaimana memulai usaha hotel ? anda bisa mengikuti langkah-langkah teknis di bawah ini :

Konsep yang dipilih

Tak terhitung para pengusaha sukses yang merintis bisnis perhotelan dari nol tapi dengan konsep yang matang dan terbukti efektif, bisnis yang mereka jalankan berkembang pesat hingga memiliki beberapa hotel baru yang menguntungkan. Ini semua karena mereka memiliki konsep bisnis yang hebat dari hotel yang dikelolanya.

Modal

Bukan hanya keinginan menggebu dan keyakinan yang akan membuat bisnis anda sukses di masa depan, anda harus mengeluarkan modal besar pula untuk memiliki sebuah hotel. Ingatlah bahwa keuntungan besar yang anda inginkan harus sesuai dengan seberapa besar pengorbanan yang anda berikan.

Silakan perhitungkan dulu berapa modal yang diperlukan untuk membuat sebuah hotel, berapa besar dan seperti apa gedung yang ingin anda bangun. Seandainya modal anda tidak begitu besar, anda tetap bisa mendapat untung yang lumayan dengan konsep hotel yang sederhana.

Di permulaan bisnis membangun hotel, modal yang anda keluarkan boleh 50% saja dan selebihnya anda pinjam dari bank.

Lokasi

Bisnis hotel sangat dipengaruhi oleh lokasi di mana hotel itu dibangun. Kalau anda memilih lokasi yang strategis dengan akses yang mudah dicapai, bisa dipastikan bisnis hotel anda akan berkembang pesat. Oleh sebab itu pilihlah lokasi yang menguntungkan misalnya dengan membeli lahan kosong atau bangunan yang sudah tidak berfungsi lagi.

Kelayakan

Kita ingin agar setiap aspek dari bisnis kita bisa dipastikan kelangsungannya dalam jangka panjang. Oleh sebab itu anda harus menginvestigasi hingga melakukan studi kelayakan agar diperoleh gambaran pasti tentang prospek bisnis hotel yang anda bangun. Anda harus memastikan berapa jumlah kamar yang akan dibangun, fasilitas yang diperlukan, seperti apa jenis hotel anda, harga kamar, investasi yang diperlukan dan berapa lama anda akan balik modal.

Melalui studi kelayakan yang baik anda bisa mencegah kerugian yang bisa terjadi di masa depan. Perhitungkan segalanya dengan perhitungan matematis agar anda tahu bagaimana memulai usaha hotel yang baik dan menguntungkan.

Konsultan

Kalau anda tidak memiliki background khusus di bidang perhotelan tapi keinginan anda begitu menggebu untuk berbisnis di bidang ini, anda bisa menyewa jasa konsultan. Mereka akan membuat perencanaan detail agar operasonal hotel bisa dilakukan dengan lebih baik.

Itulah sekilas seluk beluk bagaimana memulai usaha hotel yang tepat dan pasti menguntungkan. Lakukan bisnis anda dengan tekun dan tekad kuat. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + sixteen =