Baca Dulu Nih Cara Mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Seperti halnya anda yang punya tempat tinggal lalu bisa membuktikannya dengan Kartu Tanda Penduduk, maka hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan. Dalam hal ini perusahaan harus memiliki status domisili yang jelas sebagai tempat menjalankan usaha. Cara membuktikannya hanya bisa dilakukan dengan SKDP atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan. SKDP berisi detail informasi domisili dimana sebuah perusahaan berlokasi. Sedangkan legalitas perusahaan bisa dibuktikan dengan akta pendirian. Sehubungan hal ini, kami hari ini sedikit mengulas Info tentang cara mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan semampu yang kami bisa. Silakan dilanjut ke paragraf berikutnya.

Sebagai informasi, SKDP diterbitkan oleh kantor kelurahan yang ditandatangani oleh lurah setempat beserta kecamatan. Dan apabila perusahaan itu lokasinya terdapat didesa, maka SKDP nya diterbitkan oleh kepala desa setingkat lurah berikut camat. Untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan maka sejumlah dokumen harus dipersiapkan  dari awal, tapi dengan dua ketentuan sebagai berikut :

Apabila Tempat Usaha Yang dipakai Berstatus Milik Sendiri :

  1. Surat Permohonan Pengajuan SKDP yang ditandatangani oleh direktur perusahaan dan ditujukan ke Kasatak PTSP kelurahan. Dokumen ini berisi jumlah karyawan, bidang usaha, dan info penting lainnya.
  2. Surat pernyataan bahwa semua dokumen yang diserahkan itu sah, ditandatangani dengan sebuah materai.
  3. Dokumen Asli dan Fotocopy dari Akta Pendirian & perubahan perusahaan
  4. KTP direktur perusahaan (asli dan fotocopynya)
  5. Kartu keluarga direktur perusahaan
  6. NPWP pribadi dari direktur perusahaan
  7. Bukti kepemilikan atas tanah : Fotokopi Sertifikat Tanah/Girik/AJB
  8. Slip pembayaran PBB yang sedang berjalan
  9. Dokumen asli dan Fotocopy dari IMB
  10. Tanda daftar BPJS
  11. Sip retribusi izin gangguan dan pajak reklame (fotocopynya saja)
  12. Surat Keterangan Pajak dan Retribusi Daerah
  13. Surat Pernyataan Bebas Gangguan dari masyarakat sekitar
  14. Fotocpy Surat Izin Tempat Usaha
  15. Jika pengurusan SKDP diserahkan pada orang lain, maka harus melampirkan surat kuasa

Apabila Tempat Usaha Yang Dipakai Berstatus Sewaan :

  1. Surat Permohonan Pengajuan SKDP yang ditandatangani oleh direktur perusahaan dan ditujukan ke Kasatak PTSP kelurahan. Dokumen ini berisi jumlah karyawan, bidang usaha, dan info penting lainnya.
  2. Surat pernyataan bahwa semua dokumen yang diserahkan itu sah, ditandatangani dengan sebuah materai.
  3. Dokumen Asli dan Fotocopy dari Akta Pendirian & perubahan perusahaan
  4. KTP direktur perusahaan (asli dan fotocopynya)
  5. Kartu keluarga direktur perusahaan
  6. NPWP pribadi dari direktur perusahaan
  7. Lampiran dokumen sewa menyewa dengan pemilik gedung (Fotocopy Sertifikat, IMB, PBB tahun berjalan)
  8. Tanda daftar BPJS
  9. Sip retribusi izin gangguan dan pajak reklame (fotocopynya saja)
  10. Surat Keterangan Pajak dan Retribusi Daerah
  11. Surat Pernyataan Bebas Gangguan dari masyarakat sekitar
  12. Fotocpy Surat Izin Tempat Usaha
  13. Jika pengurusan SKDP diserahkan pada orang lain, maka harus melampirkan surat kuasa

Tahapan dalam mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan Sendiri sebagai berikut :

  1. Anda Minta surat Pengantar untuk membuat SKDP ke RT & RW setempat dan disahkan oleh RW. Untuk membuat surat pengantar ini tidak dikenakan biaya sema sekali alias gratis.
  2. Selanjutnya sesudah berkas dan surat pengantar dirasa lengkap, kini anda tinggal pergi ke kantor kelurahan atau kecamatan. Di sana anda harus mengisi formulir domisili perusahaan yang ditujukan ke Kepala Pelaksanan Satuan Pelaksana PTSP di kelurahan tempat anda tinggal kemudian semua berkas yang disiapkan diserahkan.
  3. Penerbitan SKDP. Kalau sudah selesai, kini anda tinggal menunggu SKDP diterbitkan. Tidak ada rentang waktu pasti di mana dokumen SKDP diterbitkan, tapi rata-rata dalam 3 sampai 8 hari kerja, berkas permohonan yang lengkap sudah diterima di kelurahan.
  4. Biaya Mengurus SKDP. Pembuatan SKDP ini sama sekali tidak dikenakan biaya, alias full gratis.

Status SKDP sangat penting karena akan memberi banyak kemudahan dalam mengurus perizinan lainnya. Demikian info singkat tentang Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini disampaikan, semoga banyak bermanfaat untuk anda semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =