Apakah menyebarluaskan Lagu yang Bermuatan Penghinaan dapat dihukum

Saat ini berbagai macam jenis musik sudah banyak beredar dikancah musik tanah air. Mulai dari musik-musik yang dihasilkan oleh para musisi-musisi papan atas , hingga para musisi independent. Dan selain itu juga lirik serta isi dari lagu-lagu yang diciptakan oleh para penyanyi tersebut pun beraneka ragam. Mulai dari lagu-lagu berirama puitis dan galau, hingga banyak juga lagu-lagu yang berisikan tentang sindiran ataupun penghinaan. Dan adakah hukuman bagi mereka yang sengaja membuat ataupun menyebarkan lagu-lagu yang bermuatan penghinaan tersebut. Dan apakah bisa untuk dipidanakan. Berikut sedikit infonya akan coba kami berikan untuk anda semua.

Menurut seorang penulis yang bernama R.soesilo , yang didalam kitab undang-undang hukum pidana atau yang sering disebut dengan KUHP, menjelaskan bahwa suatu yang dimaksud dengan “menghina” itu adalah “ ,menyerang kehormatan serta nama baik seseorang” dan akibatnya yang diserang ini akan merasa malu sekali. Dan disini kehormatan yang dibahas ataupun diserang adalah kehormatan yang hanya mengenai “nama baik “ saja, bukanlah suatu kehormatan tentang masalah seksual. Jadi bagi mereeka yang dengan sengaja menyebarluaskan lagu atuapun suara yang direkam dengan bentuk MP3 dan berisikan penghinaan terhadap seseorang maka pelakunya tersebut bisa dihukum berdasarkan pasal 310 ayat 1 KUHP.

Dan pasal 310 KHUP tersebut berbunyi “ barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal , yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum , karena pencemaran, bisa dikenakan pidana dengan penjara paling lama Sembilan bulan atau pidana dengan denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. Dan supaya pelaku tersebut bisa dihukum maka, penghinaan itu mesti dilakukan dengan cara “menuduh seseorang telah melakukan sesuatu perbuatan tertentu yang belum tentu diketahui kebenarannya. Dan tuduhan itu akan diketahui oleh banyak orang. Dan dilakukan dengan lisan bukan secara tulisan ataupun melalui gambar. Jadi pada dasarnya sesorang yang dengan sengaja menyebarluaskan lagu-lagu yang bermuatan penghinaan itu bsia diancam dengan hukuman pidana. Sesuai dengan pasal-pasal yang sudah disebutkan diatas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 9 =