Apa yang dimaksud dengan tanda tangan digital?

Tanda tangan digital?, mungkin tak banyak orang yang tau atau pernah mendengar istilah tersebut. Sehingga tanda tangan digital ini masih terdengar cukup asing bagi beberapa kalangan. Dan apakah tanda tangan digital seseorang dengan yang lainnya sama atau berbeda. Dan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami akan sedikit memberikan anda beberapa informasi atau pembahasan mengenai tanda tangan digital ini, yang saat ini sudah mulai marak dan banyak diterapkan dalam berbagai macam transaksi ataupun keperluan elektronik lainnya.

Tanda tangan digital ini hampir ataupun sepintas mirip dengan yang namanya sebuah password atau kode sandi yang biasa kita miliki untuk membuka suatu akun ataupun berbagai macam aplikasi yang lainnya. Akan tetapi disini tanda tangan digital tersebut dipakai dengan menerapakan tekhnologi yang berbasis publick key infrastructurer atau yang sering disebut PKI. Dan tekhnologi seprti ini pun sudah banyak diterapkan dan terkenal diberbagai macam negara-negara lainnya. Dan ditanah ini ini sendiri, beberapa perusahaan yang sudah menerapkan tekhnologi dari tanda tangan digital ini adala perusahaan–perusaahan seperti Telkom, indosat dan BCA.

Dan pada publick key infrastructurer ini ada yang disebut dengan public key, dengan privat key. Dan keduanya tersebut berbentuk sebuah bilangan biner. Dan kunci-kunci tersebut akan dikeluarkan oleh sebuah badan yang bernama Certification authority. Dan nantinya kunci public itu akan disimpan pada repository authority, sebuah bank kunci yang dimiliki oleh sistem , dan para pemilik kunci tersebut dapat mengetahui kunci publiknya didalam repository authority. Dan badan yang menangani hal tersebut bisa secara bersamaan dan terpisah. Kunci privat ini sendiri tak akan disebar pada public, hanya pihak yang sudah mendaftarakan pada Certification authority serta pihak yang akan bertindak sebagai subjek hokum atau melakukan transaksi saja yang mengetahui kunci privat tesebut. Dan transaksi yang terjadi disini pun tak melulu harus transaksi mengenai uang saja, namun juga bisa merupakan sebuah transaksi dari pertukaran sebuha data. Dan tidak mungkin ada key seseorang yang sama persis dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + fifteen =