Bisnis Meeting Incentive Convention dan Exhibition Apakah Cukup Menjanjikan?

1 Comment

Kita seringkali mendengar istilah MICE, tapi sudahkah anda memahami dengan baik kepanjangan dari MICE? MICE adalah kepanjangan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, sebuah kegiatan yang mengikutsertakan banyak orang dan sumber daya (Gagasan, metode, uang, bahan baku dan manusia) untuk pemenuhan komunikasi sebagai kebutuhan manusia. Dalam hal ini bisnis Meeting Incentive Convention dan Exhibition berkembang pesat sebagai penggerak sektor perekonomian dengan sumbangan yang cukup besar untuk Negara.

Industri MICE berkaitan erat dengan penyelenggaraan usaha jasa dan banyak memberi kontribusi pada perekonomian Negara berkembang seperti Indonesia. Dalam hal ini bisnis MICE yang anda dirikan harus bisa memberikan kepuasan pada semua peserta mengingat besarnya keuntungan yang akan diperoleh pengusaha MICE. Dengan membuka bisnis Meeting Incentive Convention dan Exhibition, anda telah turut serta membuka lapangan kerja baru bagi kebanyakan masyarakat. Bisnis MICE ini ruang lingkupnya meliputi Meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

Berikut adalah Bentuk Pelaksanaan dari MICE yaitu :

1. Meeting

Dalam bahasa inggris arti meeting merujuk pada rapat, pertemuan dan persidangan. Dalam konteks industri jasa pelayanan, pertemuan ini bisa memiliki pengertian khusus yaitu berkumpulnya sekelompok orang di bawah asosiasi tertentu yang betujuan untuk lebih mengembangkan profesionalisme kerja mereka, sumber daya alam hingga konsolidasi keanggotaan, penyebarluasan informasi, publikasi hingga meningkatkan kerjasama dengan masyarakat.

2. Incentive

Kita sering mendengar istilah insentif dalam bahasa Indonesia dan secara spesifik, kata insentif banyak berhubungan dengan penghargaan pada individu tertentu atas kontribusi yang ia berikan pada banyak orang. Dalam kaitannya dengan industri MICE, maka kontribusi ini lebih pada penyelenggara kegiatan. Lebih jauhnya, insentif merupakan sebuah perangkat manajemen dengan perangkat perjalanan terbaik untuk alasan motivasi pada peserta konferensi agar kemampuannya lebih meningkat lagi dalam mendukung sebuah organisasi internasional.

3. Conference

Dalam bahasa Indonesia, kita sering mengartikan kata conferensi dengan konferensi, dan sesuai SK Menparpostel No : KM.108/HM.703/MPPT-91, istilah konferensi didefinisikan sebagai konferensi, kongres, atau konvensi yang merupakan sebuah kegiatan pertemuan dari sekelompok orang dengan background yang beraneka ragam, mereka terdiri dari negarawan, pengusaha, pebisnis dan lain-lain untuk menyelesaikan urusan yang menyangkut kepentingan bersama.

4. Exhibition

Exhibition artinya pameran, terkait industri MICE, maka arti pameran dihubungkan dengan dunia pariwisata yang termasuk dalam wisata konvensi, sebuah pameran untuk penyebarluasan informasi dan mempromosikan hal-hal terkait kegiatan pariwisata hingga penyelenggaraan sebuah konvensi.

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 67/1996 Pasal 6 disebutkan bahwa jenis usaha Meeting Incentive Convention dan Exhibition meliputi :

  1. Jasa Biro Perjalanan Wisata
  2. Jasa Agen Perjalanan Wisata
  3. Jasa Pramuwisata
  4. Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran
  5. Jasa Impresariat
  6. Jasa Konsultan Pariwisata dan
  7. Jasa Informasi Pariwisata

Nah sahabat, bisnis Meeting Incentive Convention dan Exhibition mana yang jadi passion terbesar anda. Pastikan untuk memilihnya dengan memperhitungkan besar keuntungan yang bisa anda peroleh.

Silakan Share Artikel Ini:
Previous Post
Jasa Penyedia Jasa Keamanan Professional
Next Post
Legalitas Kantor Cabang Untuk Mengoptimalkan Pemasaran

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

13 + 1 =

Menu