Usaha Bisnis Haji dan Umrah Yang Berkualitas

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, tidak mengherankan jika pada musim haji, kuota yang kita terima dari penyelenggara haji selalu menduduki urutan pertama terbesar. Bagi anda yang melihat ini sebagai sebuah peluang, memiliki Usaha Bisnis Haji dan Umrah adalah kesempatan yang tidak bisa dilewatkan. Setiap tahun jumlah jemaah umrah dan haji selalu mengalami peningkatan, anda bisa dengan mudah menjaring calon konsumen yang pangsa pasarnya tidak akan pernah berkurang.

Jika anda berencana untuk mendirikan biro travel haji dan umrah, prosedurnya tidak begitu sulit. Anda hanya harus memastikan bahwa semua legalitas, fasilitas dan penyelenggaraannya sudah sesuai dengan hukum yang berlaku dan dipastikan keamanannya pagi pengguna jasa biro travel anda. Tapi untuk memulai Usaha Bisnis Haji dan Umrah setidaknya anda harus mengurus perizinan sebagai berikut :

  1. Anda harus memiliki SIUPP dan SITU dan punya ijin badan usaha (PT lebih baik daripada CV)
  2. Mendaftarkan diri ke ASITA, anda bisa menemeukan DPD nya di setiap kota
  3. Mendaftarkan diri menjadi sub-agen airlines, biasanya anda diharuskan untuk memperlihatkan hasil penjualan tiket selama 3 bulan dengan metode Letter of Guarantee (LG) ke pihak airlines jika status pengajuan anda masih baru
  4. Jika selama 3 bulan berturut-turut target anda terpenuhi, selanjutnya anda akan diberi aplikasi ticketing oleh airlines dan disahkan menjadi sub-agent
  5. Mendaftarkan diri ke AIATA bila anda ingin menyediakan penerbangan internasional

Selebihnya anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar Usaha Bisnis Haji dan Umrah anda bisa berkembang secara signifikan.

  1. Agar operasional bisnis travel haji dan umrah anda bisa berjalan dengan baik, anda harus mempunyai SDM yang betul-betul mengerti urusan haji dan masalah travel karena urusan haji dan umrah tidak dipahami oleh semua orang. Dengan demikian diperlukan SDM yang betul-betul paham tentang agama dan masalah travel karena berhubungan erat dengan memberangkatkan jemaah ke tanah suci.
  2. Untuk menjamin keberlangsungan Usaha Bisnis Haji dan Umrah yang anda kelola, anda harus memiliki koneksi dengan tokoh dan ormas islam. Hal ini sangat penting karena berimbas pada pemasaran dari bisnis anda.
  3. Anda harus memilih lokasi kantor yang representatif saat membuka jasa travel haji dan umrah. Dalam hal ini usaha yang anda buka harus diketahui oleh orang banyak. Saran kami jangan pilih lokasi yang jauh dari jalan utama, dan jangan berlokasi di daerah.
  4. Anda harus membina hubungan baik dengan semua peserta ibadah haji dan umrah yang pemberangkatannya menggunakan biro travel yang anda dirikan. Dengan pelayanan yang baik, banyak dari konsumen akan merekomendasikan kembali biro travel haji dan umrah anda kepada orang lain sehingga market lebih berkembang.

Demikian bahasan hari ini tentang Usaha Bisnis Haji dan Umrah, semoga usaha anda menjadi usaha yang barokah dan berkembang dengan pesat. Aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 20 =